persiapan MPASI

Minggu depan baby Wildan udah mau 6 bulan, iya tanggal 29 Maret nanti anak ganteng ini alhamdulillah bakalan lulus ASIX dan mulai MPASI. Tantangan lagi buat bundanya karena harus nyiapin makanan, karena sebelumnya cuma siapin ASI aja kalo mau ditinggal kerja. Kalo dilihat dari perkembangannya sih, Wildan udah kliatan mulai ada ketertarikan kalo liat orang lain makan, mulutnya kaya ngunyah2 gitu dan apa2 mau dimasukin mulut…

Seperti kakaknya dulu, yang penting dan harus punya di awal MPASI nya si tepung GASOL. Tinggal pilih bahan aja yg mana dan nantinya tinggal campur sama jus buah, sayur ato kaldu… Tapi beberapa minggu terakhir ini sempet baca2 masalah metode BLW (Baby Led Weaning), merupakan salah satu metode pemberian makanan pendamping ASI yang diperkenalkan oleh Gill Rapley dan Tracey Murkett yang awalnya diterapkan di negara bagian Eropa dan Amerika. Tapi mungkin ga full BLW juga sih, sesekali boleh lah ya membiarkan anak2 menikmati makanannya dengan caranya sendiri… 🙂

Coba share di sini aja deh, hasil googling (Source: http://www.babycentre.co.uk/a1007100/baby-led-weaning) yg bisa jadi rekomendasi buat para mommy yg anaknya juga persiapan MPASI. Buat para working mom tampaknya lebih enteng juga tugasnya karena nyiapin MPASI untuk si baby ga seribet sebelumnya, harus blender2 makanan ato saring2 makanan..yuuk mari..

Apa itu baby-led weaning?

Baby-led weaning (BLW) artinya men-skip pemberian MPASI berbentuk puree yang disuapkan pada si kecil, serta memberi kesempatan padanya untuk memegang dan menyuap makanannya sendiri. Banyak orang tua yang ternyata sudah menjalani BLW tanpa disadari. Biasanya terjadi pada anak kedua atau setelahnya. Karena bayi cenderung senang meniru kakaknya, mereka sering mencoba mengambil makanan di piring kakaknya dan makan sendiri seperti yang dilakukan kakaknya.

Bagaimana memulai BLW?

Jika Mama ingin mencoba BLW, tawarkan berbagai jenis finger-foods yang bergizi pada si kecil, sesuai usianya. Waktu terbaik untuk memulainya adalah sewaktu seluruh keluarga berkumpul di meja untuk makan.

Sediakan finger-foods yang mudah dipegang si kecil, misalnya brokoli kukus. Sewaktu si kecil belajar makan makanan padat pertamanya, dia cenderung masih sulit untuk menjumput makanan. Karena itu jangan berikan makanan yang dipotong terlalu kecil.

Awalnya mungkin si kecil hanya akan bermain-main dengan makanannya, dimasukkan ke dalam mulut dan diisap. Tetap tawarkan ASI semaunya di antara waktu makan. Ketika dia mulai makan dengan jumlah yang lebih banyak, konsumsi ASI-nya akan cenderung menurun.

Apa keuntungan BLW?

BLW memberikan kesempatan pada bayi untuk mengeksplor makanannya sendiri. Artinya, mereka akan lebih cepat menerima berbagai jenis tekstur makanan. Para Mama yang sudah mencoba BLW mengatakan bayi mereka tidak pernah menolak makan apa pun yang disediakan. Meskipun demikian, belum banyak riset resmi yang dilakukan mengenai BLW.

Salah satu riset menunjukkan bahwa bayi yang diperbolehkan memegang/menyuap makanannya sendiri lebih mudah untuk diikutsertakan dalam makan bersama sekeluarga dan mereka juga lebih cepat bisa menerima table-food (makanan yang sama dengan yang dimakan oleh keluarga). Bayi yang masih diberikan makanan bertekstur lunak setelah berusia 10 bulan biasanya akan menolak untuk naik tekstur dan mencoba jenis makanan baru.

Selain itu, BLW juga menghemat waktu, karena mama tidak perlu menyediakan puree.

Apa sisi negatif dari BLW?

-Semua Mama yang mencoba BLW pasti setuju bahwa proses ini sangat berantakan dan akan banyak makanan yang terbuang.
-Bayi Mama mungkin akan menemukan kesulitan untuk mengunyah beberapa jenis makanan, apalagi ketika belum tumbuh gigi. Misalnya daging merah, yang sesungguhnya adalah sumber zat besi. Sejak umur 6 bulan, bayi Mama mulai membutuhkan zat besi dari asupan makanannya, karena kandungan zat besi dari ASI sudah tidak mencukupi.
-Lebih mudah untuk mengetahui berapa banyak makanan yang masuk ketika Mama menyuapi si kecil.

Saran terbaik adalah mengombinasikan pemberian MPASI dengan puree sekaligus memberikan finger-foods kepada bayi.

Apakah bayi akan tersedak?

Bisa dimaklumi jika Mama khawatir tentang bahaya tersedak (choking). Para pelaku BLW mengatakan bahwa selama bayi sudah bisa duduk tegak, mereka tidak akan tersedak. Ketika bayi bisa mengontrol jumlah makanan yang masuk ke dalam mulut dan menelannya, artinya resiko tersedak menjadi minimal. Tentu harus mama ingat, jangan tinggalkan bayi makan tanpa diawasi.

Apakah ada kondisi khusus mengapa Mama sebaiknya tidak mencoba BLW?

Sebaiknya Mama konsultasikan dengan dokter anak sebelum memutuskan untuk mencoba BLW, jika kondisinya:

-Ada sejarah alergi, masalah pencernaan atau tidak bisa menolerir jenis makanan tertentu
-Bayi mama memiliki kebutuhan khusus dan tidak bisa mengunyah makanan dengan baik atau kesulitan mengambil dan menaruh makanan ke dalam mulutnya
-Bayi mama prematur

baby food grinder dan fresh food feeder

baby food grinder dan fresh food feeder

Dan sepertinya harus punya 2 barang ini… ada yg mau beliin??? 🙂

Iklan

20 pemikiran pada “persiapan MPASI

    • lah sama, aq juga baru tau kok.. 🙂 makanya mumpung ada Wildan yg mau MPASI jd pgn nyoba..soalnya kan kakak2nya dulu suka ribet kl nyiapin MPASI nya, apalagi kl mau ke daycare pagi2 hrs siap buat sarapan sekaligus nyiapin buat siangnya jg…seumuran Aaqil ky nya emang suka gt, Alea juga masih sampe skrg..apalagi kl makan daging dia ga bisa nelan pdhl udah dikasihnya kecil2..hahahaha Aamiin…aamiin….

  1. I have both.. klo belom beli boleh loh ambil punyaku, baru mbak blom pernah dipake yg grindernya tp udah dibuka sih.. klo yg munchkinnya pernah dipake 1 jaring kan masih ada 1 atau 2 yg lain.. klo mau boleh bangeeet japri aku yaaa ke email ajaa dhira.alifia@gmail.com

    Duuh wildan udh mau mpasi ajaa gak terasa!

  2. aku pnh baca metode itu.. tapi sptnya butuh FTM deh klo mau sukseis BLWnya.. 😀 yaah ini juga kemalasanku meng-edukasi yg kutitipin anak hihihiii.. semoga lancarrr jayaa yaah mamamnya si dedek inih..

    • aamiin..ini jg bakalan jd pe er utk mengedukasi utinya.. 🙂
      beberapa hari ini aja utinya udah ga sabaran mau ksh mamam Wildan, soalnya Wildan apa2 udah mau dimasukin mulut..hahaha

  3. Pohon duit pesenanku belum datang sih, Ra. Coba kalo udah ada, kubeliin deh, selusin! Hahaha…
    Aduh, buatku, bikin MPASI ini suka bikin pening, deh. Binguuunggg! Hahaha…

    • aiiiih…kl pohon duit pesenanmu datang, ogah ah kl dibeliin selusin..aq minta dikirimi bibitnya aja biar aq bisa nanam sendiri di rumah..hahahaha
      MPASI emang bikin pe er buat emaknya, mau bikin apalagi ya biar si baby lahap makannya..

  4. Ping balik: 6 months | banni family

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s