orang miskin dilarang sakit

Kalo kebanyakan orang lagi booming posting masalah Pileg alias Pemilihan Legislatif, aq mau ngomongin yg lain aja tapi masih ada hubungannya juga sih sama dampak pileg ini..

Jadi kemarin setelah menunaikan hak dan kewajiban untuk datang dan memilih di TPS yg tidak dekat *gara2 KTP masih pake alamat rumah mertua* dan ternyata antriannya juga ga terlalu lama.. Karena masih pagi yasud lah, muter2 bentar ngajak para krucils..daripada ntar balik pulang dan mereka pada ngomel karena libur cuma di rumah aja, akhirnya mampir ke rumah sodara..

Setelah agak lama ngobrol ngalor ngidul, tiba-tiba ada bapak2 dengan muka bingung datang sambil bawa sepeda..

“Bu Puskesmas yg dekat situ tutup ya hari ini?”

“Iya tutup pak, kan hari libur ada pemilu…emangnya kenapa pak?”

“Saya mau minta rujukan, anak saya diare sama muntah2..sekarang sudah di rumah sakit tapi cuma dibiarkan di lorong belum ditangani dan belum boleh masuk karena saya ga punya rujukan untuk jamkesmas saya”

“Kenapa ga bilang aja ke rumah sakitnya kalo puskesmasnya libur biar bisa ditangani dulu, besok baru rujukannya diurus”

“Kalo mau masuk saya disuruh ngasih uang 100ribu dulu buat DP, saya ini nyari pegadaian mau gadai sepeda saya ini…soalnya saya juga baru mau berangkat jualan jadinya belum dapat uang”

Serasa ditampar dengar ucapan si bapak ini, karena hampir 2 mingguan ini Wildan sakit.. sembuh..kambuh..sembuh..kambuh, batuk kok lama bener sembuhnya. Gitu aja udah ngeluh gara2 anak rewel kalo malam, harus beberapa kali bawa ke dokter padahal ke dokter aja ga pake mikir bayarnya, ga pake mikir harga obatnya…*ngapunten Gusti*

Mana si bapak ini bilang kalo anaknya juga masih bayi, masih umur 1than… Dan beliau harus mondar mandir nyari rujukan dan nyari uang buat biayai sakit anaknya dengan naik sepeda. Dan gara2 aq sama sodara ngasih beliau uang buat anaknya biar bisa ditangani dokter selama belum dapat rujukan, beliaunya maksa mau ngasih sepedanya untuk jaminan buat ditinggal di rumah sodaraku.. Ga usah ditinggal pak sepedanya, dibawa aja, kalo itu sepeda bapak tinggal di sini trus bapak nanti mondar mandirnya naik apa..??? Dan akhirnya beliau pergi sambil ga keitung berapa kali ngomong makasinya…

Yaaaah…semoga nantinya bapak ibu yg kepilih jadi wakil rakyat, siapa pun beliau dari partai apa pun…bisa memperjuangkan masalah yg 1 ini…

Iklan

15 pemikiran pada “orang miskin dilarang sakit

  1. semoga saja begitu. dan di rumah sakit, pegawainya juga harus diberikan pengarahan. sebab memang ada perbedaan perlakukan antara pasien yang menggunakan KJS atau yang serupa dengan yang bayar pake uang pribadi…. *cerita dari istri saya tentang beberapa temannya di rumah sakit*

    • kl ada perbedaan itu sih pasti, entah di pelayanan ato untuk urusan obat2annya..tapi kl udah anak2 yg sakit dan ga segera ditangani itu kok rasanya gimana gitu..mana kan belum bisa ngeluh bisanya cuma nangis.. 😦

  2. hiks.. sedih yaaa kalo itu dilakukan sama petugas kesehatan. jadi aku pernah tanya sama temen yang jadi petugas kesehatan. kalo mereka jadi “tega” karena banyak juga yang sebenernya mampu tapi dandan gak mampu.
    semoga mbak diberi banyak rezeki setelah membantu.

    • iya, aamiin…kalo udah urusan anak yg sakit langsung keinget sama anak sendiri, gimana paniknya kita kl anak sakit dan ini si bapak ga ada duit buat periksa.. 😦

  3. Gw juga heran ama sistem jaminan Kesehatan di Indonesia, kalau gak salah dulu tahun 2009 udah ada rencana buat masukin nya ke dalam rencana APBD sekitar 20% untuk Kesehatan. nyata nya, Jaminan kesehatan di Indonesia itu kurang dari lima persen sampai sekarang. Miris memang kalau kita berkaca kepada negara miskin di Afrika saja sudah sampai 5% nan…

    Semoga saja DPR yang terpilih sekarang bisa benar-benar memperjuangkan hak warga negara seperti bapak di atas, walaupun mereka udah dijamin undang2 tapi praktek nya masih nol sampai sekarang.

  4. amin.. Miris bacanya. masalah yang seperti ini bukan hannya satu atau dua orang, banyak yang mengalami hal seperti ini.
    siapapun nanti yang terpilih jangan hanya obral janji, belum jadi obral janji sana sini, kertika sudah jadi lupa sama janjinya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s