(terpaksa) factory reset

Ini udah kejadian ke 2, tab tiba2 bermasalah…Kalo dulu tab tiba2 displaynya mati sendiri dan bisa nyala dalam hitungan menit terus tiba2 mati lagi begitu berulang2…Dan berakhir dengan eksekusi si mbak customer service di samsung service center karena masih ada garansi jadi ga berani utak atik sendiri.

Kali ini, iya Sabtu pagi bangun tidur tab udah mati biasanya sih batreinya abis gara2 dipake si ndhuk semalam buat liat video show nya snow white waktu kami nonton di TP. Langsung aja ambil charger tancepin dan ditinggal beberes soalnya rencana mau bawa Alea ke dr THT.

Waktu mau berangkat ke dokter cek tab, eh lah kok ga bisa nyala…cuma loading aja trus mati dan nyala loading lagi begitu terus…yaaaah gimana matiinnya ini, kalo hape sih bisa lepas batreinya beres deh mati. Gara2 buru2 mau berangkat akhirnya aku biarin aja tab di rumah, ya wes lah biarin loading aja terus sampe abis lagi batreimu ya…

Pulang dari RS, baru coba cek2 lagi ternyata sama aja…Akhirnya lepas simcard pindahin ke hape dl buat browsing cari caranya buat masalah yg kaya gini. Kalo dulu sempet baca postingan mas Dani masalah factory reset, tapi mau coba juga ga bisa…masuk ke OS nya aja gagal gimana mau masuk ke setting. Akhirnya dapet juga artikel yg ngebahas masalah yg sama, dan masalahnya juga di tab 2 yg loading/restart terus.

Bismillah lah dicoba aja semoga berhasil…sebenarnya cara ini harusnya semua data sudah di back up dulu ya, berhubung ini kejadian tidak terencana jadi acara back up ga ada dan resiko terburuknya smua data yg tersimpan di tab hilang…
Dan ini dia stepnya,
1. Tekan tombol volume up dengan tombol power (ada baiknya tekan tombol volume dulu baru power) tahan sampe layar menampilkan logo samsung, lepas tombol power sambil tetap tahan tombol volumenya.
2. Jika sudah muncul pilihan reboot system, pilih wipe data/ factory reset dengan menggunakan tombol volume down, pilih ok dengan menggunakan tombol power.
3. Kemudian pilih delete all user data, kembali memakai volume up & down dan ok dengan tombol power.
4. Tunggu sesaat karena format data sedang diproses.
5. Jika sudah selesai pilih reboot now untuk restart ulang.

Daaaan berhasil, meskipun data2 hilang tak bersisa…berasa punya tab baru.. Kayanya sih ini gara2 memory udah penuh, karena akhir2 ini sering dapet warning kalo memory full tapi belum sempet pindah2in data udah keburu ngambek tabnya…Ya sudahlah, yg penting tabnya masih bisa dipakai lagi, yuuuk mari install2 lagi, setting2 lagi…

Iklan

8 pemikiran pada “(terpaksa) factory reset

  1. Kejadian baru 2 minggu yg lalu, lumia gw ngehang ngak bisa masuk menu. Terpaksa bawa ke roxy dan ternyata cuman hard reset aja pencet volume + power. Dasar gw dodol ngak mikir2 jadi rugi waktu ke roxy šŸ˜¦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s