refreshing murah meriah (3)

Udah part 3 nih, alternatif refreshing murah meriah di Surabaya. Kali ini adalah…
Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan mangrove, Wonorejo

Hutan mangrove, Wonorejo

2

Sebenarnya sudah lama punya niat ngajak anak2 ke sini, cuma ada saja acara yang akhirnya bikin gagal rencana. Sampai akhirnya, karena bingung mau ngajak anak2 main kemana lagi..ke mall juga bosen..akhirnya suami ngajak main ke hutan mangrove. Meskipun sempat nyasar juga, karena dikira suami ada jalan alternatif selain lewat kampus Stikom. Sebenarnya ada, cuma kitanya yang ga tau jalan tembusnya yang mana, waktu tanya orang jualan di pinggir jalan ternyata harus putar balik. Kami udah kejauhan kalau mau lewat jalan tembusannya. Daripada putar balik mending balik ke Merr aja deh lewat Stikom aja… Kalau lewat Merr dan kampus Stikom memang lebih banyak petunjuknya. Cuma yang agak bingung malah dekat2 lokasi karena dibangun perumahan juga, jadi bingung akses jalannya yang mana. Untung saja ada mobil di depan kami yang sepertinya juga sama2 bingung cari lokasinya..jadi berasa punya teman berpetualang…hahaha

Dan sampailah kami di sini…

Welcome to mangrove forest...

Welcome to mangrove forest…

Di sini terbagi 2 lokasi, yang satu jalan papan tempat yang cocok buat foto2 narsis.. 😀

ayah bunda narsis dulu ya nak.. :)

ayah bunda narsis dulu ya nak.. 🙂

5

Lokasi yang lain adalah dermaga tempat antri untuk naik perahu yang akan membawa kita ke hutan bakau di tepi laut. Berasa bukan di Surabaya.. Karena benar2 menikmati pemandangan kanan kiri dari atas perahu jadi lupa mau foto2..

Jalan menuju dermaga

Jalan menuju dermaga

Dermaga..nunggu penumpang, buat naik perahu..

Dermaga..nunggu penumpang, buat naik perahu..

Untuk naik perahu, harga tiketnya untuk dewasa @Rp 25.000, anak2 @Rp 15.000 dan balita free…

yang hepi...diajakin naik perahu...

yang hepi…diajakin naik perahu…

Turun dari perahu kita lanjut jalan melewati hutan bakau.. Tapi sayangnya sepanjang perjalanan di hutan bakau ini menuju ke gazebo tepi laut sangat ga nyaman. Banyak sampah di kiri kanan, jalanan dari bambu yang mulai rapuh dan sepi pastinya. Emang paling enak kalau ke sini rame2, jadi seru… Dan jangan lupa bawa makanan dan minuman kalau ga mau kehausan dan kelaparan. Karena di area ini ga ada orang jualan, tapi jangan lupa sampahnya jangan asal buang. Di gazebo ada tempat sampah kok. Untungnya sih toilet di sini masih bersih, kalau ga… bisa gawat urusan buang hajat ini, karena lokasinya jauh di tepi laut..

jalanan menuju gazebo, kiri kanan banyak sampah...

jalanan menuju gazebo, kiri kanan banyak sampah…

Gazebo..tempat menikmati angin laut...

Gazebo..tempat menikmati angin laut…

Kalau ke sini sih mending pagi sekalian jadi siang udah bisa pulang, karena kalau udah siang panasnya mulai menyengat. Dan lokasi ini cuma dibuka sampai jam 5 sore, karena belum terlalu ramai pengunjung sepertinya cuma dibuka waktu weekend saja. Kalau mau ke sini sih saranku cari teman yang banyak, kalau ga rombongan alias ramai2 ke sini kurang seru apalagi lokasi setelah turun dari perahu menuju gazebo, sepiiii…

Yang belum punya acara buat weekendnya dan bosen mau main ke mall yuuuuk mari dicoba jalan2 ke sini…

15

13

14

Soerabaja

Tugu pahlawan

Tugu pahlawan

Ga berlebihan rasanya kalo sebagai kota yang disebut kota pahlawan, tiap tahunnya selalu memeriahkan momen hari pahlawan yang bertepatan tanggal 10 November 2014. Dimana2 penuh dengan baju doreng, ini emang kostum yang paling gampang dicari. Karena di kantor2 pemerintahan maupun di sekolah2 pasti ada 1 hari yg diwajibkan pakai baju ala pejuang..

pejuang narsis... :D

pejuang narsis… 😀

Setelah bundanya yg ke kantor dengan kostum doreng ternyata anaknya pun dapat giliran pakai baju ala pejuang juga. Tapi kali ini acaranya ga cuma di sekolah tapi jalan2 ke Tugu Pahlawan. Yang antusias tentu saja bundanya, biarpun sudah tinggal di Surabaya lebih dari 10 tahun, belum pernah sekali pun masuk ke Tugu Pahlawan. Jadilah ini kesempatan dengan alasan nemeni anaknya, bundanya bela2in ijin kantor buat ikutan kunjungan..hahaha

Pejuang cilik

Pejuang cilik

Awalnya sih aku sama suami cuma duduk2 di luar aja, setelah anak2 baris lanjut masuk lokasi.. Berhubung ga mau rugi udah ada di situ yuuuuk mari kita masuk saja. Cuma modal 5ribu aja per orang udah bisa masuk museum nya.. Museumnya kaya di bawah tanah gitu, jadi begitu masuk kita harus turun ke lantai bawah, ada anak tangga, lift dan eskalator..tinggal pilih. Tentu saja aku pilih eskalator, kalo pake lift kok ngeri ya takut tiba2 macet..

Merinding liat yg beginian..

Merinding liat yg beginian..

Di lantai 1 ada ruang untuk tempat pemutaran film, cuma kemarin ga ikutan nonton..karena yg di dalam kebanyakan rombongan2 pengunjung dan malas juga mau duduk lama2 di situ, mending lanjut keliling aja..Kalo ke sini rombongan kita bisa di temani sama guide nya untuk jelasin sejarah2 barang2 yg ada di sini. Selain itu juga ada patung2 pejuang yang kalo diliat lebih lama bikin merinding disko…Apa aku nya aja ya yg emang penakut??

Lantai 2 ada ruang pamer, mulai senjata2, lukisan dan diorama dan lagi2 ruang diorama yg gelap ini bikin aku ga betah lama2 di dalamnya…

Senjata

Senjata

Lukisan dan diorama

Lukisan dan diorama

Buat yg belum pernah ke sini rasanya boleh juga dicoba, sebagai alternatif jalan2 murah meriah tapi bisa sebagai sarana belajar buat anak… Biar ga ke mall lagi ke mall lagi… 😀

Bhakti Alam

Ga sah kalo belum foto di sini.. :)

Ga sah kalo belum foto di sini.. 🙂

Jalan-jalan lagi…
Kali ini dalam rangka mengisi liburan hari raya Idul Adha, skalian gantinya kado ultah Wildan.. Kalo dulu kakak2nya di ultah pertamanya dirayakan dengan pesta kecil2an, giliran anak bontot..kita jalan2 aja, lagian ayahnya juga ga bisa pulang di hari H nya.. 🙂
Kali ini jalan2nya ga usah jauh2, ke Bhakti Alam aja…cuma 2 jam dari Surabaya, skalian lanjut ke Probolinggo buat jemput eyang kung sama uti karena mau berangkat ke Bali jadi transit Surabaya dulu…

Ini kunjungan pertama kami ke sini, hanya mengandalkan petunjuk di jalan sama koneksi internet…alhamdulillah sampai juga, dan ga susah kok nyari lokasinya.. Bhakti Alam ini lokasinya di Kota Pasuruan, tapi lumayan sejuk tempatnya… buka tiap hari kecuali hari Senin, tapi kalo hari Senin nya hari libur nasional mereka tetap buka.. Tiketnya lumayan murah, weekdays Rp 30.000 weekend Rp 35.000 untuk yg tingginya di atas 85cm wajib bayar tiket masuk…

jembatan pintu masuk

jembatan pintu masuk

Begitu masuk setelah cek tiket, langsung ketemu jembatan yg dibangun di atas jurang…area aslinya sepertinya terpisah dan jembatan ini yg jadi penghubungnya… Setelah melewati jembatan kita langsung diminta nunggu di pos buat nunggu kereta dan pengunjung lain.. Jalan2 ke sini enak hemat tenaga, karena kita kelilingnya pake kereta yg ditarik pake macam mesin traktor.. Jadi kita tinggal duduk manis sambil menikmati pemandangan…

nunggu kereta datang..

nunggu kereta datang..

di atas kereta pun tetap narsis...

di atas kereta pun tetap narsis…

si mas pemandu

si mas pemandu

1 kereta bisa muat sampai kurang lebih 15 penumpang, dan tiap kereta ada 1 pemandu yg akan jelasin ke kita tanaman dan apa aja yg kita temui di sana selama perjalanan…
Pos pertama yg kita lewati adalah pengolahan susu, ada ternak sapi di sini… Dan hasil susunya mereka olah jadi minuman susu, yoghurt, keju, ice cream dan ada juga kerupuk susu… Di sini kita bisa nyicip kejunya gratis tapi kalo olahan yg lainnya harus beli.. 🙂

pose bareng si mooo

pose bareng si mooo

abis nyicip keju, yoghurt sama ice cream minta foto lagi..

abis nyicip keju, yoghurt sama ice cream minta foto lagi..

hasil jepretan Keysha, lumayan jadi bisa foto bareng ayah sama bundanya... :)

hasil jepretan Keysha, lumayan jadi bisa foto bareng ayah sama bundanya… 🙂

Pos kedua adalah kebun melon, di sini kita juga bisa nyicip hasil panen melonnya.. kecil2 buahnya tapi manis rasanya..dan Wildan doyan.. 🙂
Buat yg pengen bawa pulang buahnya, boleh tinggal pilih petik sendiri, timbang dan bayar..ya iyalah bayar masa’ minta gratisan..hahaha Harganya per kg Rp 20.000 lumayan mahal ya ternyata..

kebun melon..

kebun melon..

Setelah dari kebun melon, selanjutnya berhenti di kebun bunga dan kita turun di sini untuk perjalanan dengan keretanya..dan lanjut jalan kaki.. Selain kebun bunga area ini juga ada food court dan games area termasuk spot yg bagus buat foto2..
Bunga2 di sini juga ada yg dijual, murah meriah harga mulai dari Rp 5.000. Dan akhirnya tergoda juga buat belanja bunga2.. 🙂

ga bakal kehausan, tekonya segedhe ini..

ga bakal kehausan, tekonya segedhe ini..

hepiii bener nak..

hepiii bener nak..

belanja bunga..

belanja bunga..

Untuk foodcourtnya lumayan banyak pilihan makanannya, rasanya sih biasa aja…sayangnya kita udah capek foto2 pas di foodcourt. Ada live musik juga biarpun lagu2nya banyakan lagu2 dangdut dan lagu2 Jawa berasa di kawinan.. Di foodcourt sini juga tempat kita ambil susu gratis, jadi tiket yg kita beli itu bisa dituker sama susu di sini..

si moooo palsu

si moooo palsu

Dan sepertinya masih penasaran mau ke sini lagi, karena dapat bocoran dari si mas pemandu biasanya musim buahnya sekitar bulan Maret-April.. Penasaran pengen nyicip buah naga, kelengkeng dan durian (buah khas) hasil panen langsung dari pohonnya..
Yuuuuk mari… 🙂

akhirnya bisa foto bareng..

akhirnya bisa foto bareng..

bess resort & waterpark

20140808_133323

Liburan ituuu..emang slalu bikin nagih ya… Dan ternyata slesai cuti bersama lebaran lanjut ambil cuti tahunan itu bikin males pasca cutinya hahahaha…

Karena biasanya kalo suami pulang slalu ditinggal kerja karena slalu ga bisa ambil cuti karena ada tanggungan kerjaan..akhirnya kemarin sukses juga ambil cuti…Setelah slesai cuti bersama lebaran, masuk buat halal bihalal besoknya libur lagi donk dan masuk senin minggu depannya….

Emang udah niat mau ngajak anak2 jalan2, nyari tempat yg ga terlalu jauh, yg nyaman..yg ga perlu2 kemana2 pun di penginapan udah cukup fasilitas buat anak2 main dan ayah bundanya juga bisa nyante2 momongnya…

Akhirnya setelah cari2…dapatlah Bess Resort & Waterpark, lokasinya di Lawang-Malang…ini masih di kabupaten Malang, seberangnya Bakpo Telo.. Cukup mudah kok nyari lokasinya banyak penunjuk jalannya.. Lokasinya sendiri ada di kawasan perumahan Malang Anggun Sejahtera.. Tempatnya sih kami suka masih hijau seger…apalagi pas masuk kamar trus buka pintu teras belakang…huaaaaa bisa denger suara aliran sungai dari kamar…

Cottage jati

Cottage jati

Hip...hip...horeeeee....

Hip…hip…horeeeee….

Ambil kamar family triple, dengan 3 twin bed…2 twin bed yuuuk mari kita geser biar lega..maklum pasukannya 3 krucil dan yg 1 masih baby kalo bed nya kecil bisa terjun bebas anak lanangku..hahaha

Gara2 deket parkir mobil lobi anak2 udah liat waterpark…
Langsung aja begitu masuk kamar udah ngerengek minta main air…oia untuk masuk waterparknya free..jadi bisa main air sepuasnya…

Di sebelah waterpark tempat main anak2 juga ada kolam renang buat dewasa, view nya kereeen…pengen nyebur juga sih tapi gara2 baju renang ga dibawa masih di tas dan karena bawa Wildan juga takut ribet kalo mau bilas2nya..ya sudahlah harus rela main air aja di pinggir kolam…

Ini pertama kalinya ngajak Wildan berenang dan sukses meluncur nyemplung ke air sama ayahnya..hahaha gara2 ban yg dinaiki malah keguling pas meluncur…

Dan ternyata urusan main air ini anak2 ga puas cuma main sore harinya..padahal udah mandi pagi…main di playground dan lanjut sarapan…eh lah kok minta nyebur lagi… Bertiga aja deh si ndhuk sama ayah, bunda e mau leyeh2 aja di kamar sama si tole…soalnya itu jam bobo nya Wildan juga daripada rewel…

Pool view

Pool view

Waterpark

Waterpark

Meluncur...

Meluncur…

Playground

Playground

Tadinya abis dari sini mau lanjut Batu, pengen ke museum angkut..tapi gara2 macetnya dari kluar hotel sampe Singosari masih aja padat merayap…pilih puter balik aja deh daripada nyampe Batu kesiangan dan ga puas main2nya…

Mending kita ke Suroboyo Carnival aja lagi….Udah mirip BNS di Batu kok… Belum sempet posting juga, masih kumpulin foto2nya…Ga ada foto2 itu jadi bikin malas mau posting ternyata…hahaha

refreshing murah meriah (2)

Setelah posting refreshing murah meriah part 1 maka ini ada part 2 nya…
Karena minggu kemarin hari kerjanya serasa balita yg lagi sekolah di play group, sehari masuk sehari libur..jadilah ini the krucils udah ngerengek aja minta jalan2 padahal kan itu tanggal tua, yess

Jadi yuuuk mari kita jalan2nya ke taman aja… Kali ini pilihan kami ke taman prestasi..

collon_20140529103944

Karena pertama kali ke sini waktu Keysha sama Alea lomba mewarnai dan kolase, dan abis lomba udah males mau keliling karena udah capek dan bawa baby Wildan yang udah mulai ngerengek di gendongan mau bobo.. Setelah beberapa kali ngebujuk si ndhuk, akhirnya mereka luluh juga setelah kami janjiin untuk ke sini lagi di kemudian hari..

Ternyata taman ini cukup luas juga, tapi asri adem.. Tanamannya juga terawat, bersih dan banyak mainannya… Jadi anak2 juga ga bosen berlama2 di sini.. Replika pesawat tempur, ayunan, jungkat jungkit, perosotan, arena outbond dan ada jembatan gantung juga dermaga..lumayan bisa buat tempat foto2..*tetep narsis*

collon_20140529105204

Di sini kita juga bisa cobain keliling sungai naik perahu *ini efek mau naik perahu di pantai kenjeran ato hutan mangrove belum kesampaian*. Dan yang penting naik perahu di sini murmer, tiketnya cuma Rp 4.000,- aja per orang..di bawah 2 tahun masih gratis…asyik..asyik…
Jadi kita ga perlu jauh2 ke pantai Losari lagi ya ndhuk untuk naik perahu kaya’ gini.. Soalnya pertama kali naik perahu di pantai Losari dan si ndhuk ga mau balik minta naik terus… 🙂

collon_20140529104510

Dermaganya bagus terbuat dari papan dan tempat duduknya lucu, dari kayu2 kecil yg diikat dan yg penting tempatnya bersih.. Satu kali angkut lumayan banyak ini penumpangnya bisa sampe 20 an orang dewasa, kalo sama anak2 bisa sampe 30 orang deh kaya’nya.. Sungainya lumayan bersih meskipun airnya ga jernih. Dan pemandangan sepanjang aliran sungai ini lumayan bikin segar mata.. Karena sepanjang aliran sungai ini juga dibuat taman2 kecil, ada juga patung suro dan boyo..

Dan lagi2 giliran mau pulang si ndhuk ogah, karena mereka maunya jalan dari ujung sampai ujung… Tapi ini si anak bontot udah mulai rewel lapar campur ngantuk kaya’nya.. Lah abisnya disuapin sebelum berangkat dia ogah… Yuk mari jurus rayuannya dikeluarkan, kapan2 kita ke sini lagi ya ndhuk tapi nanti parkirnya di tengah aja jadi kita jalannya ke arah yg lain yg belum kita liat.. Dan ternyata ampuuh…

Yang belum pernah ke sana bisa dicoba main ke taman prestasi, datang lebih pagi biar bisa puas kelilingnya… Alternatif refreshing murah meriah dan yg penting hati senaaang.. Alhamdulillah… 🙂

tips pergi/jalan2 dengan anak/bayi

Mau sok-sok an ah bikin postingan tips ala banni family.. 🙂 Yaaa berhubung kami ART-less jadi kalo mau kemana2 ya pasti rombongan semua krucils ikut..jadi harus kudu wajib smuanya disiapkan sendiri dan dibawa sendiri. Jadi apa yg mau dibawa harus benar2 diliat emang butuh buat dibawa ato ga..daripada buang2 energi buat nyiapin dan bawa tapi ga kepake kan rugi…

Setelah melewati tahap nggendong nggembol (gendong anak dan hamil), nggandeng nggendong (gandeng dan gendong anak) dan lanjut nggandeng nggendong nggembol (gandeng dan gendong anak plus hamil). Rasanya udah pantes lah ya bikin tips2…*sok* hahaha  

Oke, yuuk mari kita bahas satu per satu tips saat pergi/jalan2 bawa anak/bayi…

1. Penting banget untuk tau jam tidur anak/bayi, buat kami ini sebisa mungkin dihindari. Yang pertama karena percuma ngajak anak yg tidur jalan2, mana kadang suka rewel juga kan anak2 itu kalo mau tidur. Daripada bikin mood jalan2nya hilang mending hindari aja jalan2 di jam tidur anak/bayi, kecuali emang ga ada waktu lain buat pergi..ya nassiiib deeh..

2. Pergi/jalan2 saat jam makan anak/bayi.. Ini juga kadang kami hindari apalagi kalo bawa bayi yg masih MPASI..ribet soalnya, nyiapin bubur/puree nya, bawa2 tempat makannya, celemek dan siap2 baju ganti kalo belepotan..Tapi kalo anak udah bisa makan menu dewasa malah enak pergi/jalan2 di jam makan bisa skalian makan di luar..*modus*

3. Pergi/jalan2 dg bayi yg masih minum ASI, ga bakalan seribet bawa bayi yg minum sufor. Itulah salah satu alasan kenapa menyusui itu menyenangkan, terus sayang aku malas kalo kemana2 harus bawa termos dan kontainer susu. Dan yg terpenting buat ibu menyusui, pake baju yg nyaman biar ga ribet kalo mau bertugas.

nursing room @grand city mall

nursing room @grand city mall

4. Penting juga untuk tau kondisi lokasi tujuan..terutama kalo bawa bayi, akan lebih nyaman kalo di lokasi ada nursing room. Di nursing room kita bisa lebih nyaman untuk menyusui ato pun ganti popok bayi. Kalo aku sih untuk nyusui ga terlalu ribet harus ke nursing room biasanya butuhnya kalo mau gantiin popok. Karena kalo ga ada nursing room kasian bayinya kan kalo gantinya di atas washtafle.

5. Jangan lupa bawa barang2 keperluan anak/bayi. Kalo aku biasanya bawanya diapers 1-2 biji ini sih tergantung berapa lama kita pergi/jalan2nya, tisu basah, saputangan, baju ganti dan air putih. Untuk air putih ini biasanya buat kakak2nya kalo kehausan abis lari2an.

Wajib dibawa

Wajib dibawa

Nah itu dia 5 tips dari kami, semoga bermanfaat ya… Ada yg mau nambahin…??

refreshing murah meriah (1)

Long wiken di tanggal tua itu sungguh menyiksa…di satu sisi pengen ngajak anak2 jalan2 tapi di sisi lain belum gajian..hahaha

Jadi apa mending main di rumah aja sama anak2…Iiih tentu tidak, kasian juga anak2 tiap hari udah bosen lari2an di rumah.. Dan tentu saja ini tantangan buat bundanya, gimana bisa refreshing dapat hiburan hati senang tapi ga keluar biaya banyak…

Dan inilah alternatif hiburan murah meriah ala Banni Family…

* Balai Kota alias Taman Surya
Masuknya gratis, tinggal bawa cemilan aja dari rumah..dan yg penting jangan lupa sampahnya jangan dibuang sembarangan. Kasian tukang kebunnya..
Rasanya main di taman emang pilihan yg tepat saat wiken di tanggal tua. Enaknya punya walikota yg suka taman..jadinya taman2 di Surabaya sekarang nyaman untuk tempat main anak2 dan refreshing untuk keluarga..

Ini dia hasil foto2 di Balai Kota alias Taman Surya, yang beberapa diantaranya hasil jepretan dari Keysha..

collon_20140202220044

collon_20140202220430

collon_20140203030841

collon_20140203030612

* Pantai Ria Kenjeran
Tiket masuk Rp 6000 per orang, di atas 3tahun wajib bayar penuh.
Kalo di sini lebih banyak orang yg jualan, jadi kalo pun ga bawa cemilan dari rumah bisa beli. Dan jajanan nya juga murah meriah kok..

Arena bermain juga banyak, cuma sayangnya dah banyak yg ga terawat. Areanya juga ga terlalu bersih, karena emang banyak rombongan keluarga yg dateng beramai2 sambil bawa bekal makanan dan nggelar tikar buat makan di sana. Dan biasanya kalo udah begini, selesai makan suka lupa bersih2 jadinya ninggalin sampah.. Rasanya emang lebih aman kalo ga diijinkan bawa makanan masuk..biar areanya tetap terawat dan bersih jadi pengunjung nyaman di sana..

Yang pengen nyoba naik perahu, di sini juga bisa, tapi aq ga berani…mana angin juga lumayan kenceng, sumpah kl di suruh naik perahu kecil gitu mana di lautan pula, aq nyerah aja kakaaaaak….

collon_20140203031549

collon_20140203032014

Dan tujuan dari jalan2 sama anak2 tidak lain adalah having quality time..ya maklum sebagai working mom yg sebagian besar waktunya habis di kantor daripada waktu nemeni anak2, jadinya dengan waktu yg tidak banyak ini sebisa mungkin kami manfaatkan sebaik2nya…

collon_20140202212911

collon_20140202214335

Bahagianya melihat senyum dan tawa kalian, sayang..