jadi tuan rumah

Ini adalah kali kedua saya jadi tuan rumah arisan, yang pertama arisan keluarga suami dan sekalian syukuran pindah rumah baru.. Pada dasarnya sih emang saya ga suka hal2 yang ribet, maunya yang simpel2 aja..simpel dan malas beda tipis ya..hahaha. Pertama karena emang ga hobi masak, kedua kurang tenaga dan sabar..iya karena sekarang ada 3 krucil di rumah otomatis kalau mau semuanya dikerjakan sendiri butuh tenaga dan kesabaran ekstra.. Tapi kalau cuma siap2in printilan2nya sih saya semangat..

Waktu jadi tuan rumah arisan untuk pertama kalinya dulu, saya dan suami putuskan untuk pesan catering aja untuk sekitar 50 porsi, beres cuma siapin tempat.. lainnya jadi urusan pihak catering.. Tapi arisan yang kali ini, arisan emak2 rempong maunya di rumah aja. Biar bisa ngobrolnya lama, ga buru2 dan biar sekalian silaturahmi berkunjung ke rumah saya. Tamu nya mama2 sama krucil2, teman2 sekolah anak2… Sebagian besar teman2 Keysha waktu TK. Kali ini, coba deh siap2in sendiri printilan2nya.. Tapi tetap aja urusan masakannya pesan aja… 😀 Hemat tenaga *penting*

Mau coba berbagi tips aja di sini, siapa tau bisa bermanfaat buat para mamah muda yang kena giliran jadi tuan rumah…

1. Tentukan tempat dan tanggal acara. Kalau mau acara di resto kan kita harus pesan tempat dulu, tanggal dan jam berapa. Karena saya maunya di rumah saja jadi saya tinggal pilih tanggal dimana saya dan anak2 libur, yaitu hari Minggu 12 April 2015.
2. Selanjutnya harus diputuskan adalah, mau masak sendiri atau pesan makanan.
Buat yang hobi masak mungkin ini saatnya pembuktian diri ya..tapi kalau buat saya yang ga jago masak ya ga ada pilihan lain selain pesan makanan aja. Dan kalau dihitung2 juga ga beda jauh sama masak sendiri, tapi resikonya kalau masak sendiri ya itu tadi butuh tenaga ekstra.
3. Siapkan budget, ini penting banget ya.. Jangan sampai over budget dan bikin dompet jebol.. Untungnya di arisan ini tiap bulan kita bayarnya untuk uang arisan dan uang konsumsi, jadi tuan rumah ga terlalu banyak keluarin uang buat urusan konsumsi.
4. Tentukan menu, menu apa yang mau kita sajikan buat para tamu. Ini hubungannya sama peralatan apa saja yang mesti kita siapkan. Ga mungkin kan kita pilih menu bakso, tapi di rumah ga punya mangkok. Masa iya makan baksonya pakai piring.. Menu yang saya pilih kemarin jatuuuh ke batagor dan siomay (pesan), lontong kare ayam + telur (masak sendiri, tapi si mbak yang masak sayanya mah cuma bantu2). Kenapa pilih menu ini, soalnya kan bisa pakai piring rotan tinggal kasih alas kertas nasi. Ga perlu cuci piring, tinggal buang kertasnya… Gimana pilihan yang cerdas kan..hahaha. Untuk minumnya selain air mineral, aku buat aja es cao (ini baru saya yang buat sendiri) dan beli jus buah botolan di superindo *pas promo juga*. Beli 3 botol aja, jambu, sirsat dan jeruk. Siapin salad buah, pesan juga ini di teman kantor karena murce dan mau ngantar ke rumah. Untuk cemilannya, ada kentang goreng, pizza goreng (frozen food tinggal goreng) dan jajanan pasar, pesan juga sekalian buat isi kotak untuk dibawa para tamu pulang. Isinya onde2, lapis, martabak, kue thok, kroket semuanya mini size..
5. Siapkan peralatan, sesuai dengan menu yang kita pilih ya. Untuk menu saya, peralatannya cukup piring2 rotan, kertas nasi, piring kertas untuk salad, gelas2 plastik + sedotan, sendok plastik. Sengaja pilih peralatan yang anti pecah karena akan banyak tamu krucil2 di sini.
6. Hitung berapa tamu yang akan datang. Ini pengaruhnya ke porsi makanan yang kita siapkan juga jumlah peralatan yang dibutuhkan. Arisan kali ini cuma 15 orang untuk mama2nya, kalau anak2nya kurang lebih sih sama sekitar 15 orang. Karena kadang ada yang anaknya ga mau ikut, atau malah ada yang bawa anak lebih dari 1 seperti saya..hahaha
7. Kalau semuanya menu dan printilan sudah beres, tinggal siap2 bersih2 rumah. Siapin karpet dan meja untuk tempat makanan dan minuman.
8. Semua sudah beres, waktunya mandi dan dandan yang cantik buat nyambut para tamu.. Dan nyatanya saya ga sempat buat dandan dan terpaksa pakai jilbab ala kadarnya. Karena waktu mau dandan Wildan rewel minta gendong terus…siiiip. Dan baru bobo nyenyak ketika tamu2 mulai datang…

Yuuuuk mari ini dia hidangannya..

batagor + siomay, lontong + kari ayam telur ga lupa kerupuknya..

batagor + siomay, lontong + kari ayam telur ga lupa kerupuknya..

es cao, jus buah dan salad buah..

es cao, jus buah dan salad buah..

Dan ini dia tamu2nya..krucil2nya pada asyik main sendiri jadi ga ikutan foto..

makasi udah datang ya mama2...

makasi udah datang ya mama2…

Barangkali ada yang mau tambahin tips nya boleh lho, silahkan…moga bermanfaat… 🙂

Iklan

4 pemikiran pada “jadi tuan rumah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s